Ads 468x60px

Pages

Rabu, 23 Mei 2012

Agar Blog WordPress Anda Terindex oleh Google



Berhubung ada temen yang nanya, jadi walaupun postingan sejenis dah bertebaran di mana2 topik ini akan dibahas secara singkat disini.
Apa tuh maksud judul postingannya? Mang penting banget di index sama Google? Mungkin ada yang melontarkan pertanyaan seperti itu. Kira2 begini. Bila kita ingin blog atau website kita masuk dalam daftar di mesin pencarian google, kita mesti daftarin dulu tuh Blog atau website ke Google Webmasters. Kalo sudah terdaftar dan Google Webmasters udah punya Site Map Blog atau Website kita, barulah Google akan dengan senang hati mengindex dan memasukkannya ke daftar pencarian.
Berikut adalah langkah-langkah verifikasi dan upload Site Map Blog WordPress ke Google Webmasters
undefined
  • Selanjutnya bakal muncul halaman verifikasi. Mesti de verifikasi dulu biar bias diindex sama mas google. Gini nih cara verifikasinya. ‘Verification method’nya pilih ‘Meta tag’. Trus copy script Meta tag yang ada di dlam kotak
  • Sekarang buka halaman dashboard admin blognya. Buka tab ‘Tools’. Ntar ada kolom untuk masukin Meta tag dari google webmaster tools. Paste Meta tag yang tadi udah di copy di kolom yang disediakan. Kalo udah jangan lupa disimpan.
  • Kalo udah, balik lagi ke halaman verifikasi google. Klik tombol verify, tunggu bentar. Bakal muncul halaman dasbor yang menandakan bahwa situs anda sudah terverifikasi. Klo mo meyakinkan diri bahwa blog anda udah di verifikasi tau belum, klik aja ‘<< Kembali ke Beranda’. Tuh kan, bener2 udah terverifikasi
  • Udah diverifikasi bukan berarti google udah bisa mengindex blog kita. Sekarang saatnya kita masukin sitemap blog ke google. Apaan tuh site map? Kalo bahasa indonesianya Peta situs. Kira2 kayak blue print keseluruhan blog kita. Jadi, semua seluk beluk postingan, kategori, tag, page, dll yang ada dalam blog kita ada dalam site map ini. Kalo google dah megang site map blog kita, google bakal mudah mengindex blog kita terutama tiap kali kita melakukan update.
  • Kembali ke halaman Dasbor tadi ya. Pilih ‘Kirim Peta Situs’ yang ada di sudut kanan bawah. Bakal muncul halaman Peta Situs. Klik Button ‘Kirim Peta Situs’. Masukin alamat Site mapnya di kolom yang ada. Kalo di wordpress, sitemap udah disediakan. Setelah nama Blog tambahin aja “sitemap.xml”. Contohnya, blog insan ilmu punya Site map ‘http://insanilmu.wordpress.com/sitemap.xml’. Klik tombol ‘Mengirim Peta Situs’
undefined
  • Kalo blog udah berhasil diindex, akan muncul halaman seperti dibawah
undefined
Kalo udah diindex, setiap kali melakukan postingan, google akan secara otomatis melakukan index dan menampilkan isi blog kita di mesin pencarinya.
Ok, selamat mencoba bagi yang belum pernah nyoba. Kalo yang udah pernah silahkan dikoreksi kalo2 ad yang salah.
Don’t forget to share each other always :)  

3 komentar:

Anonim mengatakan...

nice info,,thanks
salam kenal (http://wira1987.wordpress.com/)

Unknown mengatakan...

kembali gan :) salam kembali

Anonim mengatakan...

wow..sangat membantu bro...
thanks banyak...

Posting Komentar